Translator

121

HiStats

About

About

Labels

slider

Recent

Navigation

Struktur Umpan Ikan Mas Untuk Memancing Kolam Harian Vol.2


Mari kita lanjutkan pembahasan tentang Struktur Umpan Ikan Mas, setelah sobat Angler Mancing Mania memahami Struktur Umpan Ikan Mas Untuk Memancing Kolam Harian Vol.1 kita teruskan ke Vol.2 dan akan berakhir pada Vol.6, lumayan panjang juga ya tapi ya gimana lagi namanya juga belajar jadi harus banyak informasi yang harus kita ketahui dan kita pahami.

Baiklah tidak perlu panjang lebar kita mulai mengenai usut punya usut ternyata protein bentuknya seperti rantai spiral ganda yang disusun dari kombinasi asam amino dan ternyata lagi ikan mas bisa mendeteksi AAnya (asam amino) karena AA bisa mengeluarkan gelombang elektromagnetik yang khas, beda jenis AA beda lg gelombangnya elektromagnetik yang di keluarkannya.

Hebatnya ikan mas mempunya sensornya dan kalo memakai protein utuh nantinya gelombang elektromagnetnya kurang, jadi tugas kita untuk memecah rante protein jadi AAnya atow kita bisa pake susu bodybuilder, ada yang sudah berbentuk AAnya tetapi harganya mahal.

Bagaimana cara memecah protein menjadi AA, Caranya yaitu :

1. Dengan tekanan yang sangat tinggi, Bahan protein di masak aja pake presto.
2. Dengan putaran tinggi, Bahan-bahan protein di blender aja dengan agak lama.
3. Dengan proses enzim, Enzim yang bisa mengurai protein yaitu enzim protease, contohnya papain dari getah pepaya atow bromelain dari nenas, ini suka di pake untuk pengempuk daging.
Di supermarket ada papain merknya paya, contoh yg lain yaitu getah pankreas ini suka di pake obat pencernaan ada di Enzyflex

Ada yang unik, AA ini di bagi jadi 20 macem, Ada AA essensial dan non essensial atow disebut essensial karena AA tidak bisa dibuat oleh tubuh tetapi harus dari asupan makanan kalo untuk ikan mas ada 3 macam AA essensial yg dibutuhkan ikan mas dan bahan umpan harus ada yaitu:

1. Lisin, Adanya di daging sapi, kambing, babi, unggas atow keju parmesan, tuna, sarden dan telur.

2. Metionin sumbernya dari biji-bijian dan kacang yaitu wijen, jagong, kedele, gandum atow tepungnya, kenari, kemiri, mede, kacang dan beras.

3. Triftopan sumbernya dari putih telur, susu-kiju daging, kacang, kwaci semangka atow bunga matahari dan dari buah duren, mangga, pisang. Jadi pilih bahan sumber protein yg dibutuhkan ikan mas.

Maka prinsip umpan supaya tidak kalah sama yang lainnya adalah :

1. Memakai bahan yang mengandung protein lebih dari 25%.

2. Kalo memakai bahan yg kurang dari 25% proteinnya harus di kompensasi dengan bahan yang tinggi kadar proteinnya.

3. Memakai bahan protein yg mengandung asam amino lisin, metionin dan triftopan.

4. Protein harus di pecah dulu menjadi asam amino sebelum di masak.

Kita harus menaikan kadar protein jika kita menggunakan mujair, nila, dan belut, yang kadar proteinnya 14-16%, Maka harus disiasati karena akan merusak kawalitas umpan
triknya bisa dipanggang, dibakar, dikukus, dijemur, disinar matahari.

Keunggulan dipanggang atow dibakar prosesnya bisa cepat tetapi suka bau angus nantinya akan mengurangi bau anyir.
Jika dikukus atow dijemur disinar matahati prosesenya cukup memakan waktu lama kadar airnya yang berkurang drastis akan menjadikan bahan mempunyai protein yang tinggi.

Perhitungannya 100 gr nila mengandung 16% protein, setelah proses menjadi 60gr maka 100/60x16%= 26,6667..bahan jadi bagus karena lebih dari 25%.

Sampai Struktur Umpan Ikan Mas Untuk Memancing Kolam Harian Vol.2 apa sobat Angler Mancing Mania mengerti?? Jika ada yang mau ditanyakan silahkan ajukan komentarnya. Dan baca juga Volnya sampai sesi trakhir, semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi semua sobat Angler Mancing Mania.

trimakasih 

Share
Banner

Post A Comment:

2 comments:

  1. Jika susu diseduh dengan daun pepaya apa bisa menjadi asam amino?

    BalasHapus
  2. Jadi bahan protein nya di kukus dulu secara terpisah untuk membuat asam amino? Apakah semua water base akan naik kadar protein nya setelah di kukus secara terpisah

    BalasHapus