Translator

121

HiStats

About

About

Labels

slider

Recent

Navigation

Struktur Umpan Ikan Mas Untuk Memancing Kolam Harian Vol.3


Mari kita melanjutkan pembahasan tentang Struktur Umpan Ikan Mas Untuk Memancing Kolam Harian Vol.3
Sebelum melanjutkannya sobat Angler Mancing Mania sudah terlebih dulu membaca Struktur Umpan Ikan Mas Untuk Memancing Kolam Harian Vol.2 jadi ga kebingungan mempelajarinya nanti.

Langusng saja dalam pembahasan Struktur Umpan Ikan Mas Untuk Memancing Kolam Harian Vol.3 ini akan membahas tentang :

Attraktan (aroma atow bau yang mampu merangsang hewan) yang di bagi menjadi beberapa bagian :

1. Gerakan,

2. Getaran,

3. Warna,

4. Rasa,

Ini yg selalu menjadi kontroversi, Ikan mas tidak mempunyai lidah tapi ternyata ikan mas mempunyai sensor rasa di barbules insangnya, disirip dada, dan sirip punggung. Jadi ikan mas dengan cara melintasi umpan kita udah tau rasanya.

Kesimpulannya indra perasa ikan mas lebih sensitif dari pada manusia, Rasa yang disukai ikan mas adalah manis, asin, dan pedas. Rasa manis asin  ada di susu, keju, deho sedangkan rasa pedas ada di cabe, saus pedas manis ato essence cabe. Apakan anda pernah mencoba umpan di campur dengan rasa pedas?? Reaksi ikan akan lebih asyik.
Ikan mas kurang senang akan rasa asam dan pait, Jadi berhati-hatilah jika kroto sudah basi, daging tongkol yang hitam atowpun cara masak umpan yang gosong di campur apa aja pasti gatot (gagal total)

5.Aroma

Sistem sensor ada di nostril/nares yang lokasinya ada di lubang dekat mata, Beda dengan manusia yang baunya dibawa oleh gas. Aroma ikan di cium melalui cairan yang melewati bulu-bulu nostril dan menstimulan ke otak. Kepekaan sistem penciuman ikan mas lebih kuat dari manusia, Bau yang tidak tercium oleh manusia bisa tercium oleh ikan, Bahkan bau yang tercium oleh manusia justru bikin ikan mas kabur.
Jadi kata pakar aroma, Aromanya itu tidak usah banyak-banyak tetapi subtil aja sobat.

Bahan aroma itu bentuknya bermacam-macam, Bahan yang bentuk padat biasanya dari bahan aslinya contohnya Deho, Pindang, Terasi dan lain-lain. Ada juga kristal/bubuk contonya Vanili, D-13, D-16, Bubuk pala, Bubuk kayu manis. Jika yang berbentuk cairan contonya minyak, alkohol, gliserol, ini berupa esen atow minyak atsiri.
Ada juga yang berbentuk gas, kalo di luar negeri ada yang tinggal disemprotkan.

Jenis aroma, dibagi menjadi 2 golongan:

1. Aroma wangi contona vanili, bau buah contoyna duren, pisang, stroberi, bau dedaunan contonya pandan, salam, kayu manis. Bau bunga contonya parfum, Ini bisa dari bahan aslinya atow dari essen.

2. Aroma anyiran contonya deho / tuna, salmon, jaer - nila, tarasi, udang, kepiting, aneka ikan, pelet. bisa dari bahan aslina atow dari essen.

3. Aroma gurih, contona bau susu, keju, telor, kueh, kalapa, santen, serundeng dan sebagainya.

4. Aroma asem (bukan rasa ya, beda dengan aroma) contonya nanas, kweni dan lain-lain.

5. Aroma yang tidak ada golongannya biasanya disebut golongan atsiri, gas yang gampang menguap contonya mentol, bawang merah, bawang putih (garlic), nilam, usar, sereh dan lain-lain.

6. Aroma gabungan, ini biasanya hasil oplosan atau gabungan aneka aroma.

Tetapi apa bedanya pake bahan asli dengan essen ya?

Kegunaanya sama saja ada untung ada rugi, Aroma dengan bahan asli biasanya tahan lama sedangkan aroma dengan bahan essen apalagi kalo memakai bahan pelarut golongan alkohol aromanya akan mudah menghilang terkecuali memakai bibit atow biang essens.

Dari segi kwalitas lebih baik memilih aroma dari bahan asli, karena salah-salah bisa ngeruksak kwalitasnya itu sendiri. Coba saja kadar protein yang bagus bisa turun gara-gara memakai kuning telor asin tapi kalo memakai sedikit essen gak akan ngeruksak kwalitas.
Tapi sialnya suka ada kolam yang melarang memakai essen ''racun katanya'' padahal sebagian besar essen sebetulnya untuk buat bahan makanan, bukan racun racun. Kecuali ada dari golongan minyak atsiri dan parfum.

Jadi mau milih aroma apa?

Prinsipnya gini, ikan mas itu golongan omnivora, semua suka, semua dimakan, memang seperti itu sistim membela dirinya. Ikan emas perlu protein, proteinya protein hewani jadi omnivora cenderung sedikit karnivora. Protein hewani dari daging-dagingan biasanya anyir, jadi aroma hanyir tetep harus ada. Semakin besar ikan, mulai perlu peningkatan karbohidrat, jadi ikan mulai suka aroma wangi, tinggal nambahin saja aroma wanginya.

Bagaimana perbandinganya? ini betul-betul hasil pengalaman, harus sering nyoba macem-macem aroma.

Ada pendapat pakar barat menyebutkan kalo aroma pake aja sebanyaknya, cuma kadarna subtil, samar-samar aja. Sistim sensor aroma ikan jauh lebih unggul dari kita, makin banyak aroma, kemungkinan dapet ikan jadi ningkat.

Ada kebiasaan agak lucu para pemancing yang sering mengendus-endus umpan padahal beda sistim sensor manusia yang larut di gas sedangkan ikan yang larut di cairan. Tapi yang agak pasti kalo aroma umpan gurih menurut manusia akan ikan sukai. Jadi kalo ngegabung aroma hasilnya di usahakan gurih.
Share
Banner

Post A Comment:

14 comments:

  1. Woooww.. Ini yg saya cari. Ulasan yg lengkap, bukan hanya dari pengalaman, tp juga dengan ilmu pengetahuan dan penelitian. Keren gan.. Mantab... Cerdas...

    BalasHapus
  2. Terima kasih infonya gan.
    Lumayan buat nambah elmu.

    Gema Parfum
    Parfum aroma kayu.

    ----------

    BalasHapus
  3. terima kasih, pencerahannya sangat membantu apalagi bagi saya yg masih newbi

    BalasHapus
  4. terima kasih, pencerahannya sangat membantu apalagi bagi saya yg masih newbi

    BalasHapus
  5. Terimakasih infonya sangat membantu, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2QK3RQE

    BalasHapus
  6. Sangat bermanfaat sekali bagi para angler
    Trims

    BalasHapus
  7. Sangat membantu saya yg newbi dan menambah pengetahuan ttg mancing ikan mas walaupun belum dpt resep yg pas, terima kasih

    BalasHapus
  8. Ko saya cuma bisa liat sampai volt 3 ya kata nya sampai volt 6

    BalasHapus
  9. Kalau bisa sekalian di rekomendasikan resep umpan nya yg masuk kategori seperti yg ada dalam penjelasan dari vol. 1 sampai vol. 6

    BalasHapus
  10. Mantaaap om
    Bagus buat saya yg masih newbe

    BalasHapus