Translator

121

HiStats

About

About

Labels

slider

Recent

Navigation

Struktur Umpan Ikan Mas Untuk Memancing Kolam Harian Vol.1

Mancing ikan mas dikolam harian yang terpenting itu adalah umpan, pemancing newbie kalo dengan umpan yang bagus pasti akan medapatkan ikan lebih banyak di bandingkan dengan pemancing Master yang memakai umpan jelek yang pasti bakalan gigit jari tu Master.

Mari sobat angler Mancing Mania kita terlebih dahulu ngobrol-ngobrol tetang ikan mas.

Dari segi umpan untuk ikan mas ada dua hal yang perlu dipahami yaitu yang pertama adalah kualitas umpan dan yang kedua adalah struktur umpannya itu sendiri. Kualitas umpan tergantung pada keadaan gizi umpan, disini kita harus memahami tetang kadar protein, asam amino, asam amino essensial, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Ini adalah dasarnya umpan, Kalo diperhatikan ternyata umpan yang sering mendapat jumlah ikan banyak dan menjadi juara dalam lomba memancing ikan mas harian itu perbandingan kadar proteinnya 30-38%, Kadar karbohidrat 6-15%, Kadar lemak 10-20%, Vitamin dan mineral biasanya sudah cukup ada di dalam dasar umpannya itu sendiri. Umpan yg bagus gizinya bakalan cepat dimakan ikan dan tidak butuh waktu lama untuk dirasa-rasa dulu.

Konon ikan mas makannya di sedot terus didalam mulutnya itu umpan di puter kurang dari 1 detik ikan mas tau kalo umpan ini bagus atow buruk, kalo kurang bermanfaat pasti langsung disembur lagi.

Jadi untuk menentukannya harus dihitung kalo bisa pake timbangan digital, errornya cuman 1% trus kalo mau pake dasar umpan harus tahu dulu kandungannya.

Struktur Umpan Ikan Mas Untuk Memancing Kolam Harian Vol.1 ini akan membahas kalo umpan itu harus bagus strukturnya, Supaya ikan mas mudah untuk menemukannya dan akan cepat memakan umpannya. Ingat ya sobat Angler Mancing Mania dimakan belum tentu di telan, ditelannya umpan itu tergantung kualitas umpannya itu sendiri. Struktur umpan bagus tapi kualitasnya buruk akan menjadikan umpannya sprint saja, Awalnya akan terus strike kurang lebih 1/2 jam kemudian akan terdiam karna buruknya kualitas umpan itu.

Di dalam struktur umpan yang terpenting adalah Atraktan, Aditif dan Keluruhan umpan protein yang ada di dalam umpan. Alaminya ikan mas tidak punya cara untuk membela diri, tidak bisa berkelahi, kalo ada musuh pilihannya cuman satu yaitu lari.

Jadi untuk mempertahankan keberadaannya ikan mas harus banyak makan untuk berkembang biak dan membuat keturunan jadi disini protein menjadi yang terpenting. Banyak penelitian tentang kebutuhan protein ikan mas tetapi untuk dikolam harian berdasarkan uji umpan yg dilakukan, Kadar protein yang ideal itu antara 25-50%, kalo kurang dari 25% umpannya nanti pasti kalah sama orang lain, ditoko banyak umpan jadi dengan kadar protein 20-25%, yang tidak dimengerti kalo kadar protein lebih dari 50% ikan mas malah pada kabur.


Kroto (telur semut) adalah salah satu bahan penyumbang protein paling tinggi

Jadi untuk menyeting umpan biasanya 35-40% tanpa kroto (telur semut), kalo memakai kroto sekitaran 38-45% jadi kalo umpan terkena sinar matahari juga kadar airnya menguap tidak akan lebih dari 50% bagimana cara menghiutung kadar protein, yaitu dengan jumlah, kali dan bagi saja.

Contohnya 1ons (100gr) kroto super (50% kadar protein) jadi ada 100gr x 50% = 50gr protein, 50gr terigu (7%) menyumbang 3,5gr protein maka campurannya 150gr mengandung 53,5gr protein jadi campurannya 53,5/150gr = 35,666gr. Semakin banyak yang dicampur maka akan semakin banyak hitung-hitungannya terus bisa jadi tambah pusing karena harus punya data kadar protein bahan-bahan. Tapi praktisnya kita harus tahu dulu bahan dengan kadar protein kurang dari 25% dan bahan yang kadar proteinnya lebih dari 25%.

Ternyata kadang-kadang umpan dengan kadar proteinnya sudah bagus ko gak jalan ya...kenapa ya??

Baca juga Struktur Umpan Ikan Mas Untuk Memancing Kolam Harian Vol.2 sampai Vol.6 dan akan saya bagikan CSV table dalam format Microsft Exell dan Word agar bisa membantu sobat Angler Mancing Mania agar lebih mudah dalam membuat umpan ikan mas untuk memancing harian yang baik dan benar.

Semoga bisa membantu dan berguna untuk sobat Angler Mancing Mania, trimakasih.
Share
Banner

Post A Comment:

1 comments: